.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Jumat, 15 Desember 2023

Kategori Siswa yang Tidak Bisa Mendaftar UTBK 2024


Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 6 Tahun 2023 tentang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPT), ada dua kategori siswa yang tidak bisa mendaftar UTBK 2024, yaitu:

  • Siswa yang sudah dinyatakan lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Siswa yang sudah dinyatakan lulus SNBP tidak bisa mendaftar UTBK 2024. SNBP adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik, nonakademik, atau kombinasi keduanya. SNBP terdiri dari beberapa jalur, yaitu:

* SNMPTN
* SNMPN
* SBMPTN
* SBMPN
  • Siswa yang melebihi batas usia maksimal

Siswa yang melebihi batas usia maksimal juga tidak bisa mendaftar UTBK 2024. Batas usia maksimal peserta UTBK 2024 adalah 22 tahun per 1 Juli 2024.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kedua kategori tersebut:

Siswa yang sudah dinyatakan lulus SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi yang ditujukan untuk siswa berprestasi. Siswa yang sudah dinyatakan lulus SNBP dianggap sudah memenuhi syarat untuk masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, mereka tidak perlu mengikuti UTBK lagi.

Siswa yang melebihi batas usia maksimal

UTBK adalah tes yang diperuntukkan bagi siswa yang baru lulus SMA/MA/SMK atau Paket C pada tahun 2023 atau 2022. Oleh karena itu, siswa yang sudah berusia lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Juli 2024 dianggap sudah tidak memenuhi syarat untuk mengikuti UTBK.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar