.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Rabu, 06 Desember 2023

Kurikulum Indonesia Mewujudkan SDM Unggul


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memberikan keleluasaan bagi guru untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki kompetensi dan karakter yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di era globalisasi.

Kurikulum Merdeka memiliki beberapa karakteristik yang mendukung terwujudnya SDM unggul, yaitu:

  • Berfokus pada pengembangan karakter

Kurikulum Merdeka menekankan pada pengembangan karakter peserta didik, seperti gotong royong, kemandirian, dan kreativitas. Hal ini dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran.

  • Berpusat pada peserta didik

Kurikulum Merdeka berpusat pada peserta didik. Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensinya secara optimal sesuai dengan minat dan bakatnya.

  • Fleksibel

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi guru untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Hal ini dilakukan dengan memberikan kebebasan kepada guru untuk memilih dan mengembangkan materi, metode, dan penilaian pembelajaran.

  • Berbasis kompetensi

Kurikulum Merdeka berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik. Kompetensi yang dikembangkan meliputi kompetensi inti, kompetensi dasar, dan profil pelajar Pancasila.

Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menghasilkan SDM unggul yang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Berkarakter Pancasila

SDM unggul yang dihasilkan oleh Kurikulum Merdeka memiliki karakter yang kuat, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan berbangsa dan bernegara Indonesia.

  • Kompeten

SDM unggul yang dihasilkan oleh Kurikulum Merdeka memiliki kompetensi yang memadai di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya. Kompetensi ini diperlukan untuk menghadapi tantangan di era globalisasi.

  • Kreatif dan inovatif

SDM unggul yang dihasilkan oleh Kurikulum Merdeka memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi. Hal ini diperlukan untuk memecahkan masalah dan menciptakan hal-hal baru.

  • Mandiri

SDM unggul yang dihasilkan oleh Kurikulum Merdeka memiliki kemandirian yang tinggi. Hal ini diperlukan untuk menghadapi tantangan dan persaingan di dunia kerja.

  • Bergotong royong

SDM unggul yang dihasilkan oleh Kurikulum Merdeka memiliki jiwa gotong royong yang tinggi. Hal ini diperlukan untuk membangun bangsa dan negara yang kuat.

Kurikulum Merdeka masih dalam tahap pengembangan dan uji coba. Namun, kurikulum ini memiliki potensi untuk mewujudkan SDM unggul yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di era globalisasi.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar