.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Rabu, 06 Desember 2023

Alasan Tingkat Literasi Digital di Indonesia Masih Rendah


Tingkat literasi digital di Indonesia masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei Indeks Literasi Digital Indonesia tahun 2022 yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Survei tersebut menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia berada pada level "sedang" dengan skor 3,54.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya literasi digital di Indonesia, antara lain:

  • Kurangnya akses ke perangkat dan internet

Perangkat digital, seperti komputer, laptop, dan smartphone, masih belum terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini menyebabkan mereka tidak dapat mengakses internet dan memanfaatkan teknologi digital secara optimal.

  • Kurangnya pendidikan dan pelatihan

Pendidikan dan pelatihan literasi digital belum menjadi prioritas di Indonesia. Akibatnya, banyak masyarakat yang tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk menggunakan teknologi digital secara bijak dan bertanggung jawab.

  • Kurangnya kesadaran dan pemahaman

Banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya literasi digital. Mereka masih menganggap bahwa teknologi digital adalah hal yang mudah dan tidak perlu dipelajari secara serius.

Rendahnya literasi digital di Indonesia dapat menimbulkan berbagai masalah, antara lain:

  • Penyebaran hoaks dan disinformasi

Masyarakat yang tidak memiliki literasi digital yang baik rentan untuk menyebarkan dan mempercayai hoaks dan disinformasi. Hal ini dapat menimbulkan keresahan dan konflik sosial.

  • Kejahatan siber

Masyarakat yang tidak memiliki literasi digital yang baik rentan menjadi korban kejahatan siber, seperti penipuan, peretasan, dan cyberbullying.

  • Penyalahgunaan teknologi digital

Masyarakat yang tidak memiliki literasi digital yang baik rentan untuk menyalahgunakan teknologi digital, seperti untuk menyebarkan konten pornografi, ujaran kebencian, dan kekerasan.

Untuk meningkatkan literasi digital di Indonesia, diperlukan upaya yang terintegrasi dari berbagai pihak, antara lain:

  • Pemerintah

Pemerintah perlu menyediakan akses yang lebih luas ke perangkat dan internet, serta memberikan pendidikan dan pelatihan literasi digital yang berkualitas.

  • Lembaga pendidikan

Lembaga pendidikan perlu memasukkan literasi digital sebagai mata pelajaran wajib di semua jenjang pendidikan.

  • Masyarakat

Masyarakat perlu meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya literasi digital.

Dengan upaya yang terintegrasi dari berbagai pihak, diharapkan tingkat literasi digital di Indonesia dapat meningkat dan masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital secara bijak dan bertanggung jawab.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar