.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Kamis, 17 Maret 2022

Menyusun Program Tahunan (Prota) Pendidikan Kesetaraan PKBM dan SKB


Materi sebelumnya: Memetakan Kompetensi Dasar (KD) dengan Modul


Pembuatan Program Tahunan (Prota) boleh menggunakan aplikasi Microsoft Word atau Microsoft Excel, tergantung kenyaman dan keahlian masing-masing. File yang dibagikan oleh Bapak FEP menggunakan Microsoft Excel karena file-nya jadi satu dengan Program Semester (Prosem). Prosem ini lebar karena memuat bulan dan ada berapa minggu dalam bulan tersebut. Prosem akan dibahas pada materi selanjutnya.


Apa fungsi dari Program Tahunan (Prota) itu?

Prota digunakan untuk memetakan minggu efektif dalam satu tahun ajaran dengan pembelajaran berbasis modul. Misal, dalam mata pelajaran IPA setara kelas IV ada 5 modul. Kita menentukan berapa modul yang akan dibelajarkan di semester ganjil maupun genap. Jika dilihat dari minggu efektif, semester ganjil mempunyai jumlah minggu efektif yang lebih banyak daripada semester genap. Idealnya, semester ganjil 3 modul, sedangkan semester genap 2 modul. Jika jadwal ujian modul ditentukan oleh tutor, pembelajaran berbasis modul ini bisa lebih fleksibel karena tiap modul mempunyai tingkat kompleksitas yang berbeda. Bisa saja modul 1-3 mudah, pembelajaran modul 4 bisa dimajukan ke semester ganjil. Bisa juga materi di modul 3 ternyata terlalu banyak, tidak mungkin mengadakan ujian modul di bulan Desember, sehingga ujian baru bisa dilaksanakan bulan Januari. 

Di dalam Prota, tutor menentukan modul berapa akan diselesaikan berapa minggu dalam satu tahun ajaran. 

Bagaimana jika pada akhirnya modul yang dibelajarkan selesai lebih awal? Pembelajaran modul berikutnya bisa dipercepat. Jika masih banyak minggu tersisa, tutor bisa mengisi dengan menonton video pengetahuan, percobaan, maupun lainnya.

Bagaimana jika ternyata pembelajaran molor, membutuhkan minggu lebih banyak? Teruskan saja. Biasanya Prota didesain akhir bulan November sudah ujian modul. Selain itu, jumlah minggu efektif secara riil bisa lebih lama dari perkiraan. Masih ada waktu. Pembelajaran modul juga bisa diperpanjang ke semester genap. Namanya juga program ya, Bapak/Ibu.

Prota di atas hanya bisa dilakukan jika jadwal ujian modul ditentukan oleh masing-masing tutor

Bagaimana jika jadwal ujian modul ditentukan oleh satuan pendidikan? Ikuti aturan yang ada di satuan pendidikan. Jika terlalu banyak materi dalam satu modul, pembelajaran bisa diatur dengan belajar mandiri di rumah di Program Semester (Promes) dengan cara memberi tugas atau skip saja jika materi dianggap kurang penting.


Apa saja isi dokumen Program Tahunan (Prota)? 

 

Satuan Pendidikan: (isi dengan nama PKBM atau SKB masing-masing)

Program Pendidikan Kesetaraan: (Paket A, Paket B, atau Paket C)

Mata Pelajaran: (Prota per mata pelajaran ya)

Setara Kelas: (isi kelas sama dengan kelas formal: IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, XI, XII) 

Lihat Pembagian Kelas di Pendidikan Kesetaraan

Satuan Kredit Kompetensi: (sesuai dengan pemetaan SKK yang sudah dibuat dan ditetapkan melalui Dokumen KTSP: SKK PK ganjil + SKK PK genap) 

Paket Kompetensi atau yang disingkat PK setara dengan semester.

Lihat Pengaturan Beban Belajar (Pemetaan SKK) Paket A 

Lihat Pengaturan Beban Belajar (Pemetaan SKK) Paket B

Lihat Pengaturan Beban Belajar (Pemetaan SKK) Paket C

Tahun Pelajaran: (contoh 2020/2021)

Kompetensi Inti: (isi dengan KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4 beserta uraiannya sesuai dengan kebutuhan, mata pelajaran selain Pendidikan Agama dan PPKn cukup KI-3 dan KI-4, lihat di silabus model yang diterbitkan oleh Kemdikbud) 

Lihat Kompetensi Inti Paket A 

Lihat Kompetensi Inti Paket B

Lihat Kompetensi Inti Paket C


Tabel Prota terdiri atas 4 kolom, yaitu Modul, Kompetensi Dasar 3, Kompetensi Dasar 4, dan Alokasi Waktu Semester atau Paket Kompetensi (satuan minggu). 

Untuk mata pelajaran PPKn dan Pendidikan Agama, ditambah 2 kolom lagi untuk Kompetensi Dasar 1 dan Kompetensi Dasar 2 di kolom setelah Modul. 

- Kompetensi Dasar 1: sikap spiritual 

- Kompetensi Dasar 2: sikap sosial

- Kompetensi Dasar 3: pengetahuan 

- Kompetensi Dasar 4: keterampilan

Alokasi Waktu terbagi menjadi Semester Ganjil (Paket Kompetensi Ganjil) dan Semester Genap (Paket Kompetensi Genap). 

Semester ganjil umumnya mempunyai 18 minggu efektif, sedangkan semester genap mempunyai 16 efektif. Penghitungannya ada berapa minggu dalam satu semester dikurangi jumlah minggu yang ada hari liburnya. Namun, jumlahnya minggunya nyatanya tidak seperti itu. Silakan cek di kalender pendidikan yang dibagikan oleh Dinas Pendidikan. Hitung manual ya. Kira-kira saja. Toh, kenyataannya minggu efektifnya bisa sisa juga kok.

Menyusun Program Tahunan Pendidikan Kesetaraan (Prota)

File Unduh Program Tahunan (Prota): Mediafire  


Untuk Prota di atas, Paket A setara kelas V ada 5 modul. Umumnya, pada Paket Kompetensi (PK) ganjil atau semester ganjil modul yang diajarkan sejumlah 3 modul, sedangkan pada PK genap atau semester genap diajarkan 2 modul. Hal ini disebabkan jumlah minggu efektif pada PK ganjil lebih banyak daripada PK genap. Namun, jika satuan pendidikan atau pihak sekolah membebaskan tutor dalam pembelajaran (jadwal ujian modul terserah tutor), tutor bebas dalam memetakan modul di Prota. Pada gambar di atas, Modul 8 diajarkan di PK ganjil atau semester ganjil, tetapi diselesaikan di PK genap atau semester genap. Kegiatan pembelajaran di Modul 8 lebih banyak daripada modul lain, sedangkan kegiatan pada Modul 9 dan 10 hanya sedikit. 

Jika jadwal ujian modul ditentukan oleh satuan pendidikan, pastikan materi modul selesai tepat waktu atau lebih awal untuk mempermudah penilaian. Sekarang e-rapor nilainya per modul, nilai rata-ratanya otomatis.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar