.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Jumat, 01 Desember 2023

Alasan Dibentuknya Guru Penggerak


Program Guru Penggerak diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2020. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru secara holistik, sehingga dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menggerakkan komunitas belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Ada beberapa alasan dibentuknya program Guru Penggerak, yaitu:

  • Perubahan tuntutan dan tantangan pendidikan

Dunia pendidikan saat ini menghadapi berbagai tantangan, seperti perubahan kurikulum, perkembangan teknologi, dan perubahan sosial budaya. Guru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut dan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif.

  • Kebutuhan kepemimpinan pembelajaran

Untuk menjawab tantangan pendidikan, diperlukan kepemimpinan pembelajaran dari guru. Guru penggerak diharapkan dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menggerakkan komunitas belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan.

  • Peningkatan kompetensi guru secara holistik

Guru penggerak diharapkan dapat memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian yang kuat. Kompetensi-kompetensi tersebut dapat dikembangkan melalui pelatihan dan pendampingan yang terstruktur.

Berikut adalah beberapa peran guru penggerak:

  • Pemimpin pembelajaran

Guru penggerak diharapkan dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menggerakkan komunitas belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan.

  • Pembelajar sepanjang hayat

Guru penggerak diharapkan dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat yang selalu mengembangkan diri untuk meningkatkan kompetensinya.

  • Kolaborator

Guru penggerak diharapkan dapat menjadi kolaborator yang dapat bekerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu pendidikan.

  • Inovator

Guru penggerak diharapkan dapat menjadi inovator yang dapat mengembangkan praktik pembelajaran yang inovatif.

Program Guru Penggerak diharapkan dapat menghasilkan guru-guru yang berkualitas dan dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang dapat menggerakkan komunitas belajar untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar