.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Minggu, 26 November 2023

Sejarah Hari Guru


Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November di Indonesia. Peringatan ini bermula dari berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945. PGRI merupakan organisasi profesi guru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru di Indonesia.

Berikut adalah sejarah singkat Hari Guru Nasional:

  • 1912: Berdiri Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang merupakan cikal bakal PGRI.

  • 1945: Pada tanggal 24-25 November 1945, diselenggarakan Kongres Guru Indonesia di Surakarta, Jawa Tengah. Kongres ini menghasilkan keputusan untuk mendirikan PGRI.

  • 1994: Pada tanggal 24 November 1994, Presiden Soeharto menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional diperingati untuk menghargai jasa-jasa guru yang telah mendidik dan membina generasi muda Indonesia. Guru memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masa depan Indonesia yang lebih baik.

Tujuan peringatan Hari Guru Nasional adalah untuk:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran guru dalam pendidikan nasional.
  • Meningkatkan penghargaan dan rasa hormat masyarakat terhadap guru.
  • Meningkatkan kesejahteraan guru.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Pada peringatan Hari Guru Nasional biasanya dilakukan upacara bendera, pemberian penghargaan kepada guru berprestasi, dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk menghargai jasa-jasa guru.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar