.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Senin, 27 November 2023

Peran Guru di Kurikulum Merdeka


Dalam kurikulum merdeka, guru memiliki peran yang lebih besar dan lebih fleksibel. Guru tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator, mentor, dan kolaborator.

Berikut adalah beberapa peran guru di kurikulum merdeka:

  • Fasilitator

Guru berperan sebagai fasilitator yang bertugas untuk menyediakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung siswa untuk belajar secara mandiri dan aktif. Guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

  • Mentor

Guru berperan sebagai mentor yang bertugas untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa dalam mengembangkan potensinya. Guru harus dapat menjadi teman diskusi dan tempat siswa untuk berkonsultasi.

  • Kolaborator

Guru berperan sebagai kolaborator yang bertugas untuk bekerja sama dengan orang tua, masyarakat, dan pihak lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru harus dapat membangun hubungan yang baik dengan orang tua, masyarakat, dan pihak lain untuk mendukung pembelajaran siswa.

Untuk menjalankan peran-perannya di kurikulum merdeka, guru perlu memiliki kompetensi yang memadai, antara lain:

  • Kompetensi pedagogik

Guru harus memiliki kompetensi pedagogik yang tinggi agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung siswa untuk belajar secara mandiri dan aktif.

  • Kompetensi kepribadian

Guru harus memiliki kompetensi kepribadian yang baik agar dapat menjadi panutan bagi siswa.

  • Kompetensi profesional

Guru harus memiliki kompetensi profesional yang tinggi agar dapat menguasai materi pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka.

  • Kompetensi sosial

Guru harus memiliki kompetensi sosial yang tinggi agar dapat membangun hubungan yang baik dengan orang tua, masyarakat, dan pihak lain.

Kurikulum merdeka memberikan kesempatan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam pembelajaran. Guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Guru juga dapat mengembangkan materi pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan dengan kehidupan siswa.

Dengan peran yang lebih besar dan lebih fleksibel, guru dapat menjadi agen perubahan dalam pendidikan. Guru dapat membantu siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri, kritis, dan kreatif.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar