.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Senin, 09 Januari 2023

Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka 2022


Sumber: Panduan Pembelajaran dan Asesmen - unduh file pdf 


Komponen minimum modul ajar: 

- tujuan pembelajaran 

- langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran 

- rencana asesmen/penilaian di awal pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya 

- rencana asesmen/penilaian di akhir pembelajaran untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya 

- media pembelajaran yang digunakan: bahan bacaan, lembar kegiatan, video, tautan situs, dll 

- (komponen lain bisa ditambahkan sendiri sesuai kebutuhan pendidik, peserta didik, dan kebijakan satuan pendidikan)

Satu modul ajar biasanya berisikan rancangan pembelajaran untuk satu tujuan pembelajaran berdasarkan alur tujuan pembelajaran (ATP) yang telah disusun. 

Modul ajar dirancang untuk membantu pendidik mengajar secara fleksibel dan kontekstual, tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran. 

Sebelum membuat modul ajar, pendidik perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. 

- Apakah cukup merujuk pada buku teks saja atau perlu menggunakan modul ajar?

- Jika membutuhkan modul ajar, apakah akan menggunakan modul ajar yang telah disediakan pemerintah, memodifikasi modul ajar yang telah disediakan tersebut, atau perlu membuat modul ajar baru? 

Komponen modul ajar versi lebih lengkap: 

1. Informasi umum

- identitas penulis modul 

- kompetensi awal 

- Profil Pelajar Pancasila 

- sarana dan prasarana 

- target peserta didik 

- model pembelajaran yang digunakan

2. Komponen inti 

- tujuan pembelajaran 

- asesmen (penilaian)

- pemahaman bermakna 

- pertanyaan pemantik 

- langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran 

- refleksi peserta didik dan pendidik

3. Lampiran (media pembelajaran)

- lembar kerja siswa 

- pengayaan dan remedial 

- bahan bacaan pendidik dan peserta didik 

- glosarium 

- daftar pustaka

Komponen yang ditebalkan adalah komponen minimum modul ajar. 

Pendidik memiliki keleluasaan dalam memilih dan memodifikasi contoh-contoh modul ajar yang tersedia atau bahkan mengembangkan modul ajar sendiri yang sesuai dengan konteks, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar