.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Selasa, 05 Desember 2023

Perbedaan Kemampuan Literasi dan Numerasi


Kemampuan literasi dan numerasi adalah dua keterampilan dasar yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Literasi adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan bahasa, baik lisan maupun tulis. Numerasi adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan konsep-konsep dasar matematika, seperti bilangan, operasi matematika, dan pola.

Berikut adalah beberapa perbedaan antara kemampuan literasi dan numerasi:

  • Objek: Literasi berfokus pada bahasa, sedangkan numerasi berfokus pada matematika.
  • Keterampilan: Literasi mencakup keterampilan seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Numerasi mencakup keterampilan seperti menghitung, memecahkan masalah, dan berpikir kritis.
  • Aplikasi: Literasi dapat diterapkan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari. Numerasi dapat diterapkan dalam berbagai bidang, seperti sains, teknologi, engineering, dan matematika (STEM).

Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan antara kemampuan literasi dan numerasi:

KemampuanLiterasiNumerasi
ObjekBahasaMatematika
KeterampilanMembaca, menulis, berbicara, mendengarkanMenghitung, memecahkan masalah, berpikir kritis
AplikasiPendidikan, pekerjaan, kehidupan sehari-hariSTEM

Kemampuan literasi dan numerasi saling berkaitan. Literasi dapat membantu individu untuk memahami informasi yang disampaikan dalam bentuk angka atau simbol matematika. Numerasi dapat membantu individu untuk memahami informasi yang disampaikan dalam bentuk teks atau tulisan.

Individu yang memiliki kemampuan literasi dan numerasi yang baik akan memiliki lebih banyak peluang dalam pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari. Mereka akan lebih mampu memahami informasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan yang tepat.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar