.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Sabtu, 25 November 2023

Perbedaan Guru dan Tutor


Guru dan tutor adalah dua profesi yang sama-sama berperan dalam pendidikan. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara keduanya, yaitu:

Kualifikasi

Guru diwajibkan memiliki kualifikasi pendidikan tertentu, biasanya berupa gelar sarjana pendidikan atau magister pendidikan. Kualifikasi ini diperlukan agar guru memiliki kompetensi yang memadai untuk mengajar di sekolah.

Sementara itu, tutor tidak diwajibkan memiliki kualifikasi pendidikan tertentu. Tutor dapat berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, asalkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni di bidang yang diajarkannya.

Tujuan

Guru berperan untuk memberikan pendidikan kepada siswa secara umum. Guru memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan materi pelajaran, membimbing siswa dalam belajar, dan mengevaluasi hasil belajar siswa.

Sementara itu, tutor berperan untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar. Tutor dapat memberikan bimbingan belajar individu atau kelompok, sesuai dengan kebutuhan siswa.

Metode pengajaran

Guru biasanya menggunakan metode pengajaran yang telah ditetapkan oleh sekolah. Metode pengajaran ini biasanya bersifat umum dan dapat diterapkan untuk semua siswa.

Sementara itu, tutor dapat menggunakan metode pengajaran yang lebih fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tutor dapat menggunakan berbagai metode pengajaran, seperti ceramah, diskusi, praktikum, atau mentoring.

Waktu belajar

Guru biasanya mengajar di kelas, dengan waktu belajar yang telah ditentukan oleh sekolah. Waktu belajar ini biasanya sama untuk semua siswa.

Sementara itu, tutor dapat mengajar di berbagai tempat, seperti di rumah siswa, di lembaga bimbingan belajar, atau secara online. Tutor juga dapat menyesuaikan waktu belajar dengan kebutuhan siswa.

Biaya

Guru biasanya mendapatkan gaji dari sekolah. Gaji guru biasanya disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar.

Sementara itu, tutor biasanya mendapatkan bayaran dari siswa. Bayaran tutor biasanya disesuaikan dengan jam mengajar dan tingkat kesulitan materi yang diajarkan.

Berdasarkan perbedaan-perbedaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa guru dan tutor memiliki peran yang saling melengkapi dalam pendidikan. Guru berperan untuk memberikan pendidikan secara umum, sedangkan tutor berperan untuk membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar