.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Rabu, 08 Juni 2022

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMA MA SMALB SMK MAK Paket C Kurikulum 2013


Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Kesetaraan PKBM SKB Paket C 

SKL Pendidikan Kesetaraan PKBM SKB Paket C 

SKL Paket C 


Sumber: Permendikbud No.20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah 


Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 


Dimensi Sikap  

Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap: 

1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 

2. berkarakter, jujur, dan peduli, 

3. bertanggungjawab, 

4. pembelajar sejati sepanjang hayat, dan 

5. sehat jasmani dan rohani 

sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. 

 

Dimensi Pengetahuan  

Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknik, spesifik detil, dan kompleks berkenaan dengan: 

1. ilmu pengetahuan, 

2. teknologi, 

3. seni, dan 

4. budaya. 

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional. 


Dimensi Keterampilan  

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: 

1. kreatif, 

2. produktif, 

3. kritis, 

4. mandiri, 

5. kolaboratif, dan 

6. komunikatif 

melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.


Penjelasan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif

Faktual: Pengetahuan teknis danspesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Konseptual: Terminologi/istilah dan klasifikasi, kategori, prinsip, generalisasi, teori, model, dan struktur yang digunakan terkait dengan pengetahuan teknis dan spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Prosedural: Pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan pengetahuan teknis, spesifik, algoritma, metode, dan kriteria untuk menentukan prosedur yang sesuai berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya, terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Metakognitif: Pengetahuan tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan menggunakannya dalam mempelajari pengetahuan teknis, detail, spesifik, kompleks, kontekstual dan kondisional berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya terkait dengan masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar