.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Rabu, 06 Desember 2023

Peringkat Indonesia di PISA Tahun 2022


Berdasarkan hasil survei PISA 2022, Indonesia menempati peringkat ke-74 untuk tes literasi, peringkat ke-73 untuk matematika, dan peringkat ke-71 untuk sains. Peringkat ini tidak jauh berbeda dengan peringkat Indonesia pada PISA 2018, yaitu peringkat ke-74 untuk literasi, peringkat ke-73 untuk matematika, dan peringkat ke-71 untuk sains.

Berikut adalah peringkat Indonesia di PISA 2022:

BidangPeringkat
Literasi74
Matematika73
Sains71

PISA adalah survei internasional yang diselenggarakan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) untuk mengukur kemampuan literasi, numerasi, dan sains siswa berusia 15 tahun di seluruh dunia. Survei ini dilakukan setiap tiga tahun sekali.

Hasil PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi, numerasi, dan sains siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata OECD. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki dalam sistem pendidikan Indonesia.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi peringkat Indonesia di PISA:

  • Kualitas guru. Kualitas guru merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Guru yang berkualitas dapat memberikan pembelajaran yang efektif dan membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi, numerasi, dan sains mereka.
  • Kualitas kurikulum. Kurikulum yang berkualitas dapat memberikan siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa depan.
  • Kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dapat mendukung proses pembelajaran siswa.
  • Faktor sosial ekonomi. Faktor sosial ekonomi siswa, seperti pendapatan keluarga, pendidikan orang tua, dan akses ke sumber daya pendidikan, juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk meningkatkan kualitas guru, kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, serta akses pendidikan bagi semua siswa. Upaya-upaya ini diharapkan dapat meningkatkan peringkat Indonesia di PISA di masa depan.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar