.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Senin, 27 November 2023

Jurusan yang Bisa Diambil Lulusan PKBM di UTBK


Lulusan PKBM dapat mengambil semua jurusan yang tersedia di PTN melalui jalur UTBK. Jurusan-jurusan tersebut meliputi:

  • Saintek: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Industri, Arsitektur, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Ilmu Komputer, Matematika Terapan, Fisika Terapan, Kimia Terapan, Biologi Terapan, dan lain-lain.
  • Soshum: Ekonomi, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Sosiologi, Antropologi, Hukum, Psikologi, Ilmu Pemerintahan, dan lain-lain.

Lulusan PKBM dapat memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Namun, mereka perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi UTBK agar dapat bersaing dengan lulusan SMA/MA/SMK/sederajat lainnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri bagi lulusan PKBM dalam menghadapi UTBK:

  • Mulailah mempersiapkan diri sejak dini

Jangan menunggu sampai mendekati waktu UTBK untuk mulai mempersiapkan diri. Mulailah mempersiapkan diri sejak dini agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk belajar dan berlatih soal.

  • Fokus pada materi UTBK

Materi UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, kemampuan bahasa, dan kemampuan pemahaman bacaan dan menulis. TKA mengukur kemampuan akademik siswa di bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

  • Latih diri mengerjakan soal-soal UTBK

Latihan soal-soal UTBK adalah salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK. Dengan latihan soal, Anda akan terbiasa dengan format soal UTBK dan dapat mengukur kemampuan Anda.

  • Belajar dengan tekun

Belajar dengan tekun adalah kunci untuk mendapatkan skor UTBK yang tinggi. Pastikan Anda meluangkan waktu yang cukup untuk belajar setiap hari.

  • Ikuti bimbingan belajar

Bimbingan belajar dapat membantu Anda untuk mempelajari materi UTBK dengan lebih efektif. Bimbingan belajar juga dapat memberikan simulasi UTBK yang dapat membantu Anda untuk mempersiapkan diri secara lebih matang.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar