.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Senin, 17 Januari 2022

Beban Belajar SKK dan Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan PKBM dan SKB


Sumber: Permen No.3 tahun 2008 tentang Standar Proses Pendidikan Kesetaraan 

Download File PDF Mediafire


1. Beban belajar sistem Satuan Kredit Kompetensi (SKK) 

a. Beban belajar Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C dinyatakan dalam SKK yang menunjukkan bobot kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik dalam mengikuti program pembelajaran. 

b. SKK merupakan ukuran kegiatan pembelajaran yang pelaksanaannya fleksibel. 

c. SKK dapat digunakan untuk alih kredit kompetensi yang diperoleh dari jalur pendidikan formal, informal, kursus, keahlian, dan pengalaman yang relevan. 

 

2. Kegiatan pembelajaran sistem SKK 

a. Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan pembelajaran baik dalam bentuk tatap muka, tutorial, maupun mandiri sesuai dengan jumlah SKK yang tercantum dalam Standar Isi Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C. 

b. Pengaturan kegiatan pembelajaran seperti tercantum pada butir a adalah tatap muka minimal 20%, tutorial minimal 30%, dan mandiri maksimal 50%. → digunakan untuk membuat jadwal di PKBM maupun SKB

c. Program Paket A Tingkatan 1/Awal (Setara Kelas I - III) mempunyai beban 102 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 17 SKK per semester. 

d. Program Paket A Tingkatan 2/Dasar (Setara Kelas IV - VI) mempunyai beban 102 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 17 SKK per semester. 

e. Program Paket B Tingkatan 3/Terampil 1 (Setara Kelas VII – VIII) mempunyai beban 68 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 17 SKK per semester. 

f. Program Paket B Tingkatan 4/Terampil 2 (Setara Kelas IX) mempunyai beban 34 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 17 SKK per semester. 

g. Program Paket C (IPA/IPS) Tingkatan 5/Mahir 1 (Setara Kelas X) mempunyai beban 40 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 20 SKK per semester. 

h. Program Paket C (IPA/IPS) Tingkatan 6/Mahir 2 (Setara Kelas XI – XII) mempunyai beban 82 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 21 SKK per semester. 

 

*** Pembagian beban belajar SKK pada poin d-h berbeda dengan di kurikulum yang diterbitkan oleh Kemdikbud di bagian struktur kurikulum, mungkin Permendikbudnya sudah tidak digunakan lagi ***

*** Pembagian SKK Paket A, B, dan C di kabupaten ini mengikuti yang ada di kurikulum dari Kemdikbud *** 


Struktur Kurikulum & Pembagian Beban Belajar SKK Paket A, Paket B, dan Paket C

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar