.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Rabu, 06 Desember 2023

Skema Penerimaan Maba 2024


Skema penerimaan mahasiswa baru (maba) tahun 2024 tetap mengikuti kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Pemerintah memberikan keleluasaan bagi perguruan tinggi untuk menentukan kebijakan penerimaan mabanya masing-masing.

Berikut adalah beberapa skema penerimaan maba 2024 yang umum diterapkan oleh perguruan tinggi:

  • Jalur Seleksi Nasional (SNMPN)

Jalur SNMPN merupakan jalur seleksi penerimaan maba berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik lainnya. Jalur ini diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

  • Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jalur SBMPTN merupakan jalur seleksi penerimaan maba berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Jalur ini juga diselenggarakan oleh LTMPT.

  • Jalur Seleksi Mandiri (SMM)

Jalur SMM merupakan jalur seleksi penerimaan maba yang diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Jalur ini dapat menggunakan berbagai macam metode seleksi, seperti tes tulis, tes wawancara, tes keterampilan, atau portofolio.

Selain ketiga jalur tersebut, beberapa perguruan tinggi juga membuka jalur penerimaan maba lainnya, seperti:

  • Jalur Prestasi

Jalur Prestasi merupakan jalur seleksi penerimaan maba berdasarkan prestasi akademik, non-akademik, atau bakat dan minat.

  • Jalur Afirmasi

Jalur Afirmasi merupakan jalur seleksi penerimaan maba khusus untuk calon mahasiswa dari daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T), penyandang disabilitas, dan/atau anak yatim piatu.

  • Jalur Kerjasama

Jalur Kerjasama merupakan jalur seleksi penerimaan maba yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi bekerja sama dengan pihak lain, seperti sekolah, lembaga, atau organisasi.

Pada tahun 2024, perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan informasi yang transparan dan akuntabel tentang skema penerimaan mabanya. Informasi tersebut harus mencakup persyaratan, jadwal, dan proses seleksi.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar