.:. Modul Resmi Kemdikbud Pendidikan Kesetaraan - Kejar Paket A B dan C https://emodul.kemdikbud.go.id/ .:.

Jumat, 24 November 2023

Filosofi Tema HUT PGRI 2023


Filosofi tema HUT PGRI ke-78, yaitu "Transformasi Guru, Wujudkan Indonesia Maju" adalah sebagai berikut:

  • Transformasi

Kata "transformasi" berarti perubahan. Dalam konteks pendidikan, transformasi guru berarti perubahan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas dirinya dan pembelajaran yang dilakukannya. Perubahan ini dapat berupa perubahan kompetensi, keterampilan, dan sikap guru.

  • Guru

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru memegang peran penting dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas.

  • Indonesia Maju

Indonesia Maju adalah cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang maju, sejahtera, dan berdaulat. Untuk mewujudkan Indonesia Maju, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, termasuk guru.

Dengan demikian, filosofi tema HUT PGRI ke-78 adalah bahwa transformasi guru adalah kunci untuk mewujudkan Indonesia Maju. Guru yang transformatif adalah guru yang mampu meningkatkan kualitas dirinya dan pembelajaran yang dilakukannya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Transformasi guru dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain:

  • Peningkatan kompetensi guru

Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Peningkatan kompetensi guru dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan, seminar, dan workshop.

  • Peningkatan keterampilan guru

Keterampilan guru meliputi keterampilan mengajar, keterampilan berkomunikasi, keterampilan berkolaborasi, dan keterampilan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Peningkatan keterampilan guru dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti praktik mengajar, simulasi, dan mentoring.

  • Peningkatan sikap guru

Sikap guru meliputi sikap profesional, sikap positif, dan sikap cinta tanah air. Peningkatan sikap guru dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti refleksi diri, diskusi, dan studi kasus.

Transformasi guru merupakan proses yang berkelanjutan. Guru harus terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan zaman untuk dapat memberikan pendidikan yang berkualitas.

Artikel Terkait

0 comments:

Posting Komentar